• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

Pengertian polimer dan molekul

 



polimer dan molekul

Polimer merupakan molekul raksasa (makromolekul) yang merupakan gabungan dari monomer - monomer. polimer mempunyai massa molekul relatif yang sangat besar, yaitu sekitar 500-10.000 kali berat molekul unit ulangnya. istilah polimer berasal dari bahasa yunani, polys = banyak dan meros = bagian, yang berarti banyak bagian atau banyak monomer.

Penggolongan polimer berdasarkan asalnya :
  1. polimer alam : yang berada dialam dan berasal dari mahkluk hidup
  2. polimer sintesis / buatan : polimer yang tidak terdapat di alam dan harus dibuat terlebih dahulu oleh manusia.
Merupakanmolekubesar yang terbentukdarimolekul-molekulkecil yang terangkaisecaraberulang.Molekul-molekulkecilpenyusunpolimerdisebut monomer.Reaksipembentukanpolimerdisebutreaksipolimerisasi

Duajenis polimerisasi:1. Polimerisasiadisi: polimer yang terbentukmelaluireaksiadisidariberbagai monomer
Contohpolimeradisi:
Yang termasukkedalampolimeradisiadalahpolistirena (karet ban), polietena (plastik), poliisoprena (karetalam), politetraflouroetena (teflon), PVC, danpoliprepilena (plastik).


2. Polimerisasikondensasi: polimer yang terbentukkarena monomer-monomer salingberikatandenganmelepaskanmolekulkecil.
Contoh:pembentukanplastikstirofoamtersusundaridua monomer berbedayaitu urea danmetanal. Duamolekulmetanalbergabungdengansatumolekul urea menjadisuatumolekuldisebut dimer.Dimer-dimer iniselanjutnyaberpolimerisasi.
Yang termasukkedalampolimerkondensasiadalahbakelit, poliuretan, poliamida, (melamin), poliester (nilon), teteron, dan protein.

Perbedaanantarapolimerisasiadisidankondensasiadalahbahwapadapolimerisasikondensasiterjadipelepasanmolekulkecilseperti H2O dan NH3, sedangkanpadapolimerisasiadisitidakterjadipelepasanmolekul.

Penggolonganpolimer

Berdasarkanasalpolimer:

   Polimeralam:polimer yang tersediasecaraalami di alam. Contoh: karetalam (dari monomer-monomer 2-metil-1,3-butadiena/isoprena), selulosa (dari monomer-monomer glukosa), protein (dari monomer-monomer asam amino), amilum, asamnukleat.
    Polimersintetik:polimerbuatanhasilsintetisindukstri/pabrikan. Contoh: nilon (dariasamadipatdenganheksametilena), PVC (darivinilklorida), polietilena, poliester (daridiasilkloridadenganalkanadiol)


Berdasarkanjenis monomer:

   Homopolimer: terbentukdari monomer-monomer sejenis. Contoh: polisterina, polipropilena, selulosa, PVC, teflon.
    Kopolimer:terbentukdari monomer-monomer yang taksejenis. Contoh: nilon 66, tetoron, dakron, protein (dariberbagaimacamasam amino), DNA (daripentosa, basa nitrogen, danasamfosfat), bakelit (darifenoldanformaldehida), melamin (dari urea danformaldehida)

Berdasarkanpenggunaanpolimer:
    Serat: polimer yang dimanfaatkansebagaiserat. Misalnya: untukkaindanbenang. Contoh: poliester, nilon, dandakron.
    Plastik: polimer yang dimanfaatkanuntukplastik. Contoh: bakelit, polietilena, PVC, polisterina, danpolipropilena.

Berdasarkansifatnyaterhadappanas:

    Polimertermoplas/termoplastis: polimer yang melunakketikadipanaskandandapatkembalikebentuksemula. Contoh: PVC, polietilena, polipropilena
    Polimertermosetting: polimer yang tidakmelunakketikadipanaskandantidakdapatkembalikebentuksemula. Contoh: melamin, selulosa
- See more at: http://chellme.blogspot.com/2012/07/pengertian-polimer-sampai-contoh.html#sthash.0cIq1OEY.dpuf


Pengertian polimer dan molekul 4.5 5 Unknown polimer dan molekul Polimer merupakan molekul raksasa (makromolekul) yang merupakan gabungan dari monomer - monomer. polimer mem...


No comments:

Post a Comment

J-Theme