• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

Apa Itu MySQL

 

SQL (Stucture Query Languange) adalah bahasa standar yang digunakan untuk mengakses server database. SQL sendiri adalah salah satu bahasa databse yang paling populer di dunia.
Dengan menggunakan SQL, Proses akses database lebih user-frendly dibandingkan dengan misalnya dBase
ataupun Cliper yang masih menggunakan perintah-peritah program murni.

Konsep database
Databese adalah kumpulan data yang berbentuk tabel-tabel. Dan tabel-tabel disusun berdasarkan baris dan kolom.Database telah menyatu menjadi bagian yang menyatu dalam hampir setiap kehidupan manusia.
Tanpa Database, banyak sesuatu yang kita kerjakan akan sangat membusankan dan tidak terstruktur dengan
baik, bahkan mungkin menjadi sesuatu yang tidak dapat di kerjakan. Perpustakan, universitas, kantor pemerintah dan Bank adalah beberapa contoh data ataupun pencarian data. Didunia internet search engines, obline shopping (toko online) dan setiap website yang menyediakan banyak data tidak akan bekerja tanpa menggunakan database. Database yang sudah diimplementasikan atau dipakai di komputer biasanya dihubungkan dengan database server. Tujuan utama pengilahan data dala database adalah agar
dapat memperoleh kembali data dengan mudah dan cepat. Di samping itu, pemanfaatan database untuk pengolaha data juga memiliki tujuan-tujuan lain.

Secara lebih lengkap, pemanfaatkan database dilakukan untuk memnuhi sejumlah tujuan seperti berikut:
> Kecepatan dan kemuadahan,
> Efesiensi ruang penyimpanan,
> Keakuratan,
> Ketertsediaan,
> Kelengkapan.
> Keamanan
> Kebersamaan memakai.

MySQL sebagai Database Server
SQl  tidak memiliki fasilitas pemograman yang lengkap, tidak ada looping ataupung percabangan. Sehingga untuk menutupi kelemahan ini perlu dibangun dengan dengan bahasa pemograman, misal bahasa C. Dalam praktikum ini kita menggukan MySQL sebagai SQL server karena berbagai kelebihanya, antara lain:

> source MySQL dapat di peroleh dengan mudah dan gratis
> sintaksnnya lebih mudah dipahami atau tidak rumit,
> pengaksessan database dapat dilakukan dengan mudah

Software database mulain bermunculan seiring dengan bertambahnya kebutuhan akan database server. Salah satu dari pendatang baru dalam dunia database ialah MySQL, sebuah server/klient database SQL yang berasal dari Skandivia. MySQL terdiri dari server SQL, klien program untuk mengakses server, tools untuk administrasi, dan interface program untuk menulis program sendiri. MySQL bukanlah proyek Open Source karena lisensi yang diperlukan juga dalam kondisi tertentu. Akan tetapi MySQL dikenal sebagai software open source karena aturan linsensinya tidak begitu ketat. Selain itu juga portable dan bisa dijalankan untuk beberapa sistem operasi komersial serperti Solaris, Irix, dan Windows.



Dikutip Dari :panduan Praktikum pemrograman

Apa Itu MySQL 4.5 5 Unknown database web server komputer cara contoh S QL (Stucture Query Languange) adalah bahasa standar yang digunakan untuk mengakses server database. SQL sendiri adalah salah satu baha...


No comments:

Post a Comment

J-Theme