• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

Contoh Hasil Observasi di Sekolah

 

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

4.1 Berdasarkan hasil pengamatan(Observasi)
Dari hasil pengamatan yang telah dilakukan maka diperoleh alasan yang mendorong siswa untuk merokok,kebiasaan buruk yang mereka lakukan ini awalnya hanya ingin coba-coba atau iseng-iseng,ajakan teman,dan sekedar ikut-ikut supaya terlihat gaul. Tetapi setelah diamati lagi,peran orang tua ddalam keluarga juga mempengaruhi perkembangan anak, sehingga anak yang kurang pengawasan dari orangtua berkemungkinan akan jauh lebih bebas melakukan hal-hal yang tidak baik salah satunya dengan merokok. Siswa yg merokok ini tidak begitu paham dengan dampak negatif rokok bagi kesehatan,mereka juga tidak perduli dengan efek yang akan terjadi dimasa mendatang. Mereka hanya memikirkan kesenangan saat ini, yaitu kesenangan yang bersifat sementara. Jika sudah kecanduan rokok maka akan sulit untuk menjauhi rokok ataupun menghentikannya,dalam hal ini mereka cenderung akan menuruti hasrat untuk merokok. 
4.2 Berdasarkan hasil penyebaran angket
Dari hasil penelitian melalui angket,beberapa siswa mengaku bahwa mereka merokok hanya iseng-iseng dan bukan permasuk perokok berat. Selama merokok mereka merasa tenang dan tidak ada beban pikiran. Mereka tidak terlalu memikirkan bahaya yang mungkin menyerang kesehatan mereka.
NO/
NAMA
MADE
IDRIS
ILHAM
TRI
YOGI
SURYA
SLAMET
YAKHIN
OKTA
M.RISKY
1
A
B
A
A
A
A
A
B
A
B
2
B
B
B
B
B
B
B
B
A
B
3
B
B
C
C
C
A
A
A
A
B
4
B
B
C
C
B
C
B
C
B
B
5
B
B
B
B
A
A
A
B
A
B
6
B
B
B
B
B
B
A
B
B
B
7
A
C
C
C
C
C
C
C
C
C
8
A
A
C
C
B
C
C
B
C
B
9
A
A
C
A
A
A
A
A
B
C
10
B
A
C
A
A
C
A
A
A
C
11
C
C
C
C
C
C
C
C
C
C
12
C
C
C
C
C
C
C
C
C
C
13
A
C
A
C
C
C
C
A
A
C
14
A
C
A
C
C
C
C
A
A
C
15
B
B
A
B
A
C
B
A
A
B
16
B
A
A
C
C
C
B
A
B
B
17
A
A
A
A
B
A
B
A
A
A
18
B
A
A
A
B
A
A
A
A
A
19
B
C
C
C
B
C
C
C
C
C
20
A
B
A
A
B
A
A
A
A
A
21
A
B
A
A
B
A
B
A
B
A
22
B
C
B
C
C
C
C
B
C
B
23
A
C
B
A
A
B
B
B
C
B
24
B
B
B
B
C
B
B
B
B
B
25
B
C
A
A
C
C
C
A
A
A

Pembahasan:
1      1)      Dari pertanyaan ke-1 dapat diketahui bahwa 7 dari 10 siswa yg merokok beralasan bahwa mereka hanya iseng-iseng dan 3 orang lainnya mengaku hanya ikut-ikutan teman karena pergaulan yang kurang baik.
2    2)      Dari pertanyaan ke-2 dapat diketahui bahwa 9 dari 10 siswa mengaku bukan perokok berat,dan sisanya perokok berat yang bisa disebut pecandu rokok.
3    3)      Dari pertanyaan ke-3 dapat diketahui bahwa pada saat merokok 4 dari 10 siswa mengaku senang,3 siswa merasa tenang dan 3 yang lain merasa biasa saja.
4    4)      Dari pertanyaan ke-4 dapat diketahui 6 dari 10 siswa mulai merokok sejak SMP, dan 4 yang lain mulai merokok sejak SMA
5    5)      Dari pertanyaan ke-5 dapat diketahui bahwa 6 dari 10 siswa yang merokok orang tuanya tidak mengetahui dan 4 lainnya mengaku bahwa orangtuanya mengetahui,dalam hal ini orangtua sangat berperan dalam mengawasi pola hidup dan perilaku anak.
6    6)      Dari pertanyaan ke-6 dapat diketahui bahwa 9 dari 10 orang tua siswa tidak mengijinkan anaknya merokok, hanya 1 orangtua yg mengijinkan,dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa orangtua manapun tidak mendukung jika anaknya mengikuti gaya hidup yang tidak sehat dengan cara merokok.
7    7)      Dari pertanyaan ke-7 dapat diketahui bahwa 9 dari 10 siswa tidak meminta uang untuk merokok kepada orang tua tetapi mereka mendapatkan rokok dari teman,memakai uang saku dan lain-lain, 1 orang lainnya mengaku mendapatkan rokok dari orangtua.
8    8)      Dari pertanyaan ke-8 dapat diketahui bahwa 5 dari 10 siswa mendapat uang saku kurang lebih 10rb dalam satu hari, 2 siswa mendapatkan 5rb dan yang lainnya tidak menentu. Dalam hal ini uang saku yang diberikan orangtua dapat disalahgunakan untuk hal-hal yang kurang baik seperti membeli rokok.
9    9)      Dari pertanyaan ke-9 dapat diketahui bahwa 7 dari 10 siswa mulai merokok karena pengaruh teman dalam pergaulannya, 2 siswa mengaku karena diri sendiri dan 1lainnya mengaku karena pengaruh pacar. Dalam hal ini selain teman, pacar dan diri sendiri dapat mempengaruhi pola pikir seseorang ke arah yang kurang baik. Karena itu kita harus pandai-pandai dalam membawa diri, dan memilih teman, jangan sampai terbawa ke dalam pergaulan yg tidak baik.
1    10)   Dari pertanyaan ke-10 dapat diketahui bahwa 6 dari 10 siswa mengaku mendapatkan rokok dari teman, 3 siswa mendapatkan dari uang sendiri dan 1 lainnya dari orangtua.
1    11)    Dari pertanyaan ke 11 dapat diketahui bahwa seluruh sampel(siswa) mengaku tidak merokok dilingkungan sekolah,akan tetapi dirumah misalnya di kamar atau ditempat tertutup lainnya.
1    12)   Dari pertanyaan ke-12 dapat diketahui bahwa seluruh sampel(siswa)mengaku merokok pada waktu jam puang sekolah sehingga tidak pernah membawa rokok dilingkungan sekolah.
1   13)   Dari pertanyaan ke-13 dapat diketahui bahwa 4 dari 10 siswa merokok dengan jangka waktu 3x sehari dan yang lainnya tidak menentu.
1   14)   Dari pertanyaan ke-14 dapat diketahui bahwa 4 dari 10 siswa dalam sehari dapat menghabiskan 5batang rokok dan yang lainnya tidak menentu berapa yang dihabiskan, akan tetapi jika mereka sedang berkumpul bersama teman-temannya dapat menghabiskan lebih dari 5 batang dalam satu waktu.

1   15)   Dari pertanyaan ke-15 dapat diketahui bahwa 5 dari 10 siswa terus menerus merokok karena pengaruh teman atau pergaulannya,4 siswa mengaku kecanduan dan lainnya memiliki alasan lain. 

2.5 Interprestasi Data
Secara umum, data terbagi menjadi dua yaitu data primer(yang diperoleh langsung dari lapangan penelitian, seperti dari wawancara,angket dan observasi dengan objek penelitian.  Dan data sekunder yaitu data yang didapat leteratur,kepustakaan,majalah,koran dan lain-lain.
Setelah pengumpulan data melalui kegiatan wawancara yang mendalam dan angket serta observasi,data yang diperoleh akan dievaluasi untuk memastikan objektivitas(kesesuaian dengan keadaan sebenarnya) dan relevasi dengan masalah yang akan diteliti. Temuan dalam penelitian tersebut kemudian direduksi(diedit),diinterprestasi atau ditafsirkan,diorganisasikan. Bagian akhir dari analisis data adalah upaya pemaparan dan penegasan kesimpulan.

2.6 Jadwal Kegiatan
no
Jenis kegiatan
waktu
1
Menyusun pertanyaan/angket
1hari
2
Proses angket/kuesioner
2hari
3
Penelusuran data sekunder
1hari
4
Editing data
1hari
5
Analisis data
1hari
6
Penyusunan laporan/penulisan dan konsultasi
15hari
Waktu diatas biasa disesuaikan dengan waktu dilapangan.





Contoh Hasil Observasi di Sekolah 4.5 5 Unknown contoh soal contoh jawaban contoh contoh contoh BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN 4.1 Berdasarkan hasil pengamatan(Observasi) Dari hasil pengamatan yang telah dilakukan maka d...


No comments:

Post a Comment

J-Theme