• About
  • Contact
  • Sitemap
  • Privacy Policy

Sejarah Seni Rupa Indonesia

 


Sejarah seni rupa di Indonesia tidak dapat di uraikan tanpa mengaitkan dengan sejarah perkembangan budayanya, keduanya saling mengikat satu sama lain. Seni rupa merupakan bagian dari budaya di setiap Negara, begitupun sebaliknya didalam proses berkesenian tidak dapat lepas dari budaya itu sendiri. Oleh karena itu perkembangan sejarah seni rupa di bagi menjadi beberapa bagian, seni rupa pra-sejarah, seni rupa hindu budha, seni rupa islam, dan seni rupa modern.


1. Seni Rupa Pra-Sejarah
Dilihat dari segi arkeologis, seni rupa zaman pra-sejarah di bagi mulai dari zaman batu, zaman logam dan zaman batu besar:

-Zaman batu
Karya seni rupa yang ditemukan meliputi seni bangunan, seni kerajinan, seni lukis, seni patung. Semua karya masih kurang sempurna mengingat alat dan bahan masih sangat sederhana serta pengetahuan manusia masih terbatas.
-Zaman Logam
menghasilkan kerajinan dari perunggu seperti genderang, kapak, bejana, dan patung, pada saat itu manusia mampu membuat ornamen berbagai corak seperti corak monumental, dongson, dan chou akhir.
-Zaman Megalithikum
Peradaban manusia lebih maju dengan bertambahnya pengetahuan, terlihat dari hasil karya yang semakin bervariasi. Contohnya Menhir, Dolmen, Sarkofagus, Kubur batu, Punden berundak dan Arca.
Seni rupa pada masa pra-sejarah memiliki ciri-ciri yang besifat sakral, profan, tradisional, feodal, dan terbuka.

2. Seni Rupa Hindu Budha
Manusia sudah memiliki keahlian dalam bidang pertanian, membuat senjata, menuang logam, membuat bangunan, sistem ukur, navigasi, dan sistem pemerintahan. Dalam bidang seni sendiri, pada zaman hindu-budha bangsa Indonesia telah mengembangkan beberapa kerajinan, diantaranya batik, wayang, gamelan, dan seni pahat yangt dipengaruhi budaya India. Karya seni yang dihasilkan berupa bangunan candi, pura, dan puri, seperti candi borobudur, prambanan, badut, tikus dll.


a. Hiasan Arsitektural yakni hiasan yang bersifat 3 dimensi yang membentuk struktur bangunan candi, contohnya:
- Hiasan mahkota pada atap candi
- Hisana menara sudut pada setiap candi
- Hiasan motif kala (Banaspati) pada bagian atas pintu
- Hiasan makara, simbar filaster,dll


b. Hiasan bidang ialah hiasan bersifat dua dimensi yang terdapat pada dinding/bidang candi, contohnya
- Hiasan dengan cerita candi Hindu yakni Mahabarata dan Ramayana
- Hiasan flora dan fauna
- Hiasan pola geometris
- Hiasan makhluk khayangan


3. Seni Rupa Islam
Perkembangan seni rupa islam berbeda dengan perkembangan pada zaman hindu-budha yang tahap perkembanganya dapat dibagi berdasarkan segi politik dan kebudayaan, karena hal tersebut sulit di terapkan dalam islam. Agama islam dibawah oleh para pedagang dari India, Persia dan China, yang menyebarkan ajaran islam sekaigus memperkenalkan kebudayaan masing-masing sehingga muncul akulturasi budaya. Agama islam diperkenalkan oeh para mpu sebagai sarana untuk mengapdi kepada raja/sultan, sedangkan para Wali berperan dalam mengembangkan  seni di masyarakat dengan media dakwah. Seni rupa pada zaman islam memiliki ciri sebagai berikut:


-Bersifat feodal, yaitu kesenian yang bersifat di istana sebagai media pengabdian kepada Raja / sultan
-Bersumber dari kesenian pra Islam (seni prasejarah dan seni Hindu Budha)
Karya seni rupa yang dihasilkan pada zaman islam meliputi:


a. Seni Bangunan
-Masjid:
 pembangunan masjid masih dipengaruh hindu yang terlihat pada bagian atas masjid dengan bentuk limas bersusun ganjil. contohnya atap masjid Agung Demak dan Masjid Agung Banten.
-Istana/ keraton :
berfungsi sebagai tempat tinggal Raja sekaligus pusat pemerintahan, serta kegiatan agama dan budaya.
-Makam:
 pengaruh seni prasejarah tampak pada bentuk makam seperti punden berundak. Sedangkan pengaruh hindu tampak pada nisannya yang diberi hiasan motif gunungan atau motif kala makara. Adapun pengaruh dari Gujarat India yaitu pada makam yang beratap sungkup.


b. Seni Hias dan  Seni Kaligrafi
Seni hias islam mempunya ciri tersendiri, yakni dengan menghindari penggambaran makhluk hidup secara realis, yang kemudian dibuat stilasi (digayakan) atau deformasi (disederhanakan) dengan bentuk tumbuh–tumbuhan. Seni Hias yang kemudian diterapkan pada seni kaligrafi. Seni kaligrafi atau seni khat adalah seni tulisan indah, yang dalam agama Islam menggunakan bahasa arab yang disebut dengan "Khot" sebagai bentuk simbolis dari rangkaian ayat – ayat suci Al – Qur’an.
-Kaligrafi terapan berfungsi sebagai dekorasi / hiasan
-Kaligrafi piktural berfungsi sebagai pembentuk gambar
-Kaligrafi ekspresi berfungsi sebagai media ungkapan perasaan


4. Seni Rupa Modern
Seni rupa modern indonesia terbagi atas beberapa masa, yakni:


a. Masa Perintis Seni Rupa Baru Indonesia
Raden Saleh(1811 -1880) adalah tokohnya, orang pribumi yang mampu melukis dengan gaya barat, baik dari segi alat, media maupun teknik dengan penggambaran yang natural. Raden Saleh banyak mendapat bimbingan dari pelukis Belgia Antonio Payen, pelukis Belanda A. Schelfhouf dan C. Kruseman di Den Haag.
Karya-karya Raden Saleh mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
-Bergaya natural dan romantisme
-Kuat dalam melukis potret dan binatang
-Pengaruh romantisme Eropa terutama dari Delacroix.
-Pengamatan yang sangat baik pada alam maupun binatang  

b. Masa Seni Lukis Hindia Molek (1920-1938)
Julukan "Hindia Molek" diberikan oleh S.Sudjojono karena yang dilukiskan hanya keindahan alam saja. Setelah kematian Raden Saleh yang hampir setengah abad, Indonesia mengalami mati suri dalam perjalanan seni rupa yang akhirnya memberikan dampak: Dampak  negatif karena dianggap mengalami kemunduran dengan jumlah seniman yang sedikit dan penyempitan tema yaitu terbatas pada keindahan alam. Dampak  positif  yakni banyak pelukis yang  melukiskan keindahan alam Indonesia, otomatis  mengangkat nilai apresiatif (penghargaan) terhadap  keindahan  alam Indonesia yang  sangat  dikagumi oleh  seniman  pribumi  dan eropa.

c. Masa Persagi (Persatuan Ahli Gambar Indonesia)
Tujuan dari kelompok persagi adalah untuk mencari corak seni yang baru, pemahaman melukis  tidak  hanya  pemandangan sawah, sungai, pantai dan gadis cantik.  artinya membuat karya seni sesuai  dengan realita  yang ada tanpa membaguskan objek. Tokoh yang aktif sekaligus penggerak Persagi adalah S. Sudjojono, melalui tulisan-tulisannya yang dimuat di majalah dan surat kabar. Seni lukis sebagai salah satu unsur kebudayaan suatu bangsa dengan sendirinya seharusnya  mengungkapkan  corak yang cocok  dengan watak  bangsa itu dan menganjurkan kepada para pelukis untuk mempelajari kehidupan rakyat jelata di kampung-kampung dan di desa-desa.Tokoh lainnya seperti Otto Djaja, Suromo, G.A. Soekirno.

d. Masa Pendudukan Jepang
Pada masa pendudukan jepang, seni rupa tidak begitu terlihat perkembangannya. Hanya saja pada saat itu Jepang mendirikan KEIMIN BUNKA SHIDOSO, Lembaga Kesenian Indonesia–Jepang yang pada dasarnya lebih mengarah pada kegiatan propaganda Jepang. Kemudaian tahun 1943 Bung Karno, Bung Hatta, Ki Hajar Dewantara dan KH Mansur mendirikan PUTERA (Pusat Tenaga Rakyat) dengan tujuan memperhatikan dan memperkuat perkembangan seni dan budaya. Tokoh utama pada masa ini antara lain:
S. Sudjojono, Basuki Abdullah, Emiria Surnasa Agus Djajasumita, Barli dan Affandi.

e. Masa Pendirian Sanggar-sanggar
Pertumbuhan seni rupa berjalan terus hingga tahun 1950 dengan munculnya lembaga pendidikan kesenian formal seperti Akademi Seni Rupa (ASRI) Yogyakarta dan Balai Perguruan Tinggi Guru Gambar bagian Seni Rupa ITB. Sekitar tahun 1975, muncul karya - karya seni rupa baru yang tidak lagi dapat disebut sebagai seni lukis dalam arti umum dan merupakan sikap pemberontakan terhadap kemapanan seni dan seniman yang ada. Ha tersebut disambut dengan tanggapan kurang positif, bahkan cemoohan oleh para seniman, masyarakat dan pemerhati seni.
Karya-karya seni rupa baru cenderung bersifat eksperimental atau memberi pengalaman baru dari apa yang telah ada dengan maksud memenuhi tuntutan zaman dan situasi yang berkembang. Seniman dalam grup ini adalah Harsono, Nanik Mirna, Siti Adiyati Subangun, Ris Purwono, S. Prinka, Bonyong Munni Ardhi, dan Jim Supangkat.

Sejarah Seni Rupa Indonesia 4.5 5 Unknown sejarah seni rupa indonesia pdf sejarah seni rupa indonesia prasejarah sejarah seni rupa indonesia hindu budha sejarah seni rupa indonesia zaman hindu dan budha sejarah seni rupa indonesia pada zaman prasejarah sejarah seni rupa indonesia zaman klasik sejarah seni rupa indonesia zaman kolonial sejarah seni rupa indonesia klasik sejarah seni rupa indonesia zaman islam sejarah seni rupa indonesia islam sejarah seni rupa indonesia artikel sejarah seni rupa indonesia seni rupa indonesia adalah makalah sejarah seni rupa indonesia makalah sejarah perkembangan seni rupa indonesia contoh makalah sejarah seni rupa indonesia sejarah seni rupa indonesia zaman prasejarah sejarah seni rupa indonesia book sejarah seni rupa indonesia bermula dari zaman prasejarah sejarah seni rupa indonesia baru sejarah seni lukis indonesia baru sejarah seni rupa indonesia zaman batu sejarah perkembangan seni lukis indonesia baru sejarah seni rupa indonesia pada zaman batu sejarah seni rupa indonesia zaman hindu budha makalah tentang sejarah seni rupa indonesia contoh sejarah seni rupa islam indonesia sejarah seni rupa indonesia dan desain sejarah seni rupa indonesia doc sejarah seni rupa di indonesia sejarah seni rupa di indonesia zaman prasejarah sejarah seni lukis di indonesia sejarah perkembangan seni rupa indonesia dan mancanegara sejarah perkembangan seni rupa di indonesia sejarah seni rupa modern di indonesia sejarah seni rupa islam di indonesia empat pembabakan sejarah seni rupa di indonesia sebutkan empat pembabakan sejarah seni rupa di indonesia fase perkembangan sejarah seni rupa indonesia fase sejarah seni rupa indonesia sejarah seni rupa indonesia jaman hindu dan budha 3 pembagian sejarah seni rupa indonesia hindu seni rupa indonesia hindu sejarah seni rupa hindu budha di indonesia sejarah seni rupa indonesia periode islam sejarah seni lukis islam indonesia sejarah seni rupa indonesia pada masa islam sejarah seni rupa zaman islam di indonesia sejarah seni rupa pada zaman islam di indonesia seni rupa indonesia jelita seni rupa zaman prasejarah indonesia seni rupa indonesia zaman prasejarah jelaskan sejarah perkembangan seni rupa indonesia jelaskan sejarah seni rupa di indonesia jelaskan 3 periode perkembangan sejarah seni rupa indonesia sejarah seni rupa kontemporer indonesia sejarah seni lukis kaca indonesia sejarah seni rupa indonesia pada zaman kolonial sejarah masuknya seni rupa ke indonesia sejarah seni rupa indonesia pada zaman kemerdekaan sejarah seni rupa dan kebudayaan indonesia sejarah perkembangan seni rupa kontemporer indonesia seni rupa indonesia lama latar belakang sejarah seni rupa indonesia sejarah lahirnya seni rupa modern di indonesia sejarah seni rupa indonesia modern sejarah seni rupa indonesia masa perintis sejarah seni rupa indonesia masa prasejarah sejarah seni rupa indonesia mooi indie sejarah seni rupa murni indonesia sejarah seni rupa modern indonesia sejarah seni rupa modern indonesia masa perintis sejarah seni lukis indonesia modern sejarah perkembangan seni rupa indonesia modern sejarah seni rupa indonesia zaman modern makalah seni rupa indonesia makalah sejarah perkembangan seni rupa di indonesia makalah seni rupa indonesia modern sejarah seni rupa nusantara indonesia sejarah seni rupa nusantara di indonesia sejarah seni rupa indonesia persagi sejarah seni rupa indonesia pra modern sejarah seni rupa indonesia raden saleh ringkasan sejarah seni rupa indonesia rangkuman sejarah seni rupa indonesia ringkasan sejarah perkembangan seni rupa di indonesia referensi sejarah seni rupa indonesia sejarah seni rupa indonesia supartono widyosiswoyo sejarah singkat seni rupa indonesia sejarah singkat seni rupa di indonesia sejarah singkat perkembangan seni rupa di indonesia sejarah singkat seni rupa murni di indonesia sebutkan pembagian periode perkembangan sejarah seni rupa indonesia sejarah berkembangnya seni rupa modern di indonesia secara singkat sejarah seni rupa indonesia timur sejarah seni rupa tradisional indonesia sejarah seni rupa terapan di indonesia sejarah seni rupa tradisional di indonesia sejarah seni rupa terapan indonesia artikel tentang sejarah seni rupa indonesia timeline sejarah seni rupa indonesia tokoh sejarah seni rupa indonesia sejarah tentang seni rupa di indonesia tentang seni rupa indonesia sejarah seni rupa indonesia wikipedia seni rupa indonesia wikipedia sejarah seni rupa di indonesia wikipedia sejarah seni rupa indonesia zaman pertengahan sejarah seni rupa abad ke-19 di indonesia sejarah seni rupa indonesia 2010 sejarah seni rupa 2 dimensi di indonesia sejarah perkembangan seni rupa 2 dimensi di indonesia 3 periode perkembangan sejarah seni rupa indonesia 4 periode sejarah seni rupa indonesia 4 pembabakan sejarah seni rupa di indonesia 4 periode sejarah seni rupa indonesia pada jaman prasejarah Sejarah seni rupa di Indonesia tidak dapat di uraikan tanpa mengaitkan dengan sejarah perkembangan budayanya, keduanya saling mengikat sa...


No comments:

Post a Comment

J-Theme