BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
4.1 Berdasarkan hasil pengamatan(Observasi)
Dari hasil
pengamatan yang telah dilakukan maka diperoleh alasan yang mendorong siswa
untuk merokok,kebiasaan buruk yang mereka lakukan ini awalnya hanya ingin
coba-coba atau iseng-iseng,ajakan teman,dan sekedar ikut-ikut supaya terlihat
gaul. Tetapi setelah diamati lagi,peran orang tua ddalam keluarga juga
mempengaruhi perkembangan anak, sehingga anak yang kurang pengawasan dari
orangtua berkemungkinan akan jauh lebih bebas melakukan hal-hal yang tidak baik
salah satunya dengan merokok. Siswa yg merokok ini tidak begitu paham dengan
dampak negatif rokok bagi kesehatan,mereka juga tidak perduli dengan efek yang
akan terjadi dimasa mendatang. Mereka hanya memikirkan kesenangan saat ini,
yaitu kesenangan yang bersifat sementara. Jika sudah kecanduan rokok maka akan
sulit untuk menjauhi rokok ataupun menghentikannya,dalam hal ini mereka
cenderung akan menuruti hasrat untuk merokok.
4.2 Berdasarkan hasil penyebaran angket
Dari hasil penelitian melalui angket,beberapa
siswa mengaku bahwa mereka merokok hanya iseng-iseng dan bukan permasuk perokok
berat. Selama merokok mereka merasa tenang dan tidak ada beban pikiran. Mereka
tidak terlalu memikirkan bahaya yang mungkin menyerang kesehatan mereka.
NO/
NAMA
|
MADE
|
IDRIS
|
ILHAM
|
TRI
|
YOGI
|
SURYA
|
SLAMET
|
YAKHIN
|
OKTA
|
M.RISKY
|
1
|
A
|
B
|
A
|
A
|
A
|
A
|
A
|
B
|
A
|
B
|
2
|
B
|
B
|
B
|
B
|
B
|
B
|
B
|
B
|
A
|
B
|
3
|
B
|
B
|
C
|
C
|
C
|
A
|
A
|
A
|
A
|
B
|
4
|
B
|
B
|
C
|
C
|
B
|
C
|
B
|
C
|
B
|
B
|
5
|
B
|
B
|
B
|
B
|
A
|
A
|
A
|
B
|
A
|
B
|
6
|
B
|
B
|
B
|
B
|
B
|
B
|
A
|
B
|
B
|
B
|
7
|
A
|
C
|
C
|
C
|
C
|
C
|
C
|
C
|
C
|
C
|
8
|
A
|
A
|
C
|
C
|
B
|
C
|
C
|
B
|
C
|
B
|
9
|
A
|
A
|
C
|
A
|
A
|
A
|
A
|
A
|
B
|
C
|
10
|
B
|
A
|
C
|
A
|
A
|
C
|
A
|
A
|
A
|
C
|
11
|
C
|
C
|
C
|
C
|
C
|
C
|
C
|
C
|
C
|
C
|
12
|
C
|
C
|
C
|
C
|
C
|
C
|
C
|
C
|
C
|
C
|
13
|
A
|
C
|
A
|
C
|
C
|
C
|
C
|
A
|
A
|
C
|
14
|
A
|
C
|
A
|
C
|
C
|
C
|
C
|
A
|
A
|
C
|
15
|
B
|
B
|
A
|
B
|
A
|
C
|
B
|
A
|
A
|
B
|
16
|
B
|
A
|
A
|
C
|
C
|
C
|
B
|
A
|
B
|
B
|
17
|
A
|
A
|
A
|
A
|
B
|
A
|
B
|
A
|
A
|
A
|
18
|
B
|
A
|
A
|
A
|
B
|
A
|
A
|
A
|
A
|
A
|
19
|
B
|
C
|
C
|
C
|
B
|
C
|
C
|
C
|
C
|
C
|
20
|
A
|
B
|
A
|
A
|
B
|
A
|
A
|
A
|
A
|
A
|
21
|
A
|
B
|
A
|
A
|
B
|
A
|
B
|
A
|
B
|
A
|
22
|
B
|
C
|
B
|
C
|
C
|
C
|
C
|
B
|
C
|
B
|
23
|
A
|
C
|
B
|
A
|
A
|
B
|
B
|
B
|
C
|
B
|
24
|
B
|
B
|
B
|
B
|
C
|
B
|
B
|
B
|
B
|
B
|
25
|
B
|
C
|
A
|
A
|
C
|
C
|
C
|
A
|
A
|
A
|
Pembahasan:
1 1)
Dari pertanyaan ke-1 dapat
diketahui bahwa 7 dari 10 siswa yg merokok beralasan bahwa mereka hanya
iseng-iseng dan 3 orang lainnya mengaku hanya ikut-ikutan teman karena
pergaulan yang kurang baik.
2 2)
Dari pertanyaan ke-2 dapat
diketahui bahwa 9 dari 10 siswa mengaku bukan perokok berat,dan sisanya perokok
berat yang bisa disebut pecandu rokok.
3 3)
Dari pertanyaan ke-3 dapat
diketahui bahwa pada saat merokok 4 dari 10 siswa mengaku senang,3 siswa merasa
tenang dan 3 yang lain merasa biasa saja.
4 4) Dari pertanyaan ke-4 dapat diketahui 6 dari 10 siswa mulai merokok
sejak SMP, dan 4 yang lain mulai merokok sejak SMA
5 5) Dari pertanyaan ke-5 dapat diketahui bahwa 6 dari 10 siswa yang merokok
orang tuanya tidak mengetahui dan 4 lainnya mengaku bahwa orangtuanya
mengetahui,dalam hal ini orangtua sangat berperan dalam mengawasi pola hidup
dan perilaku anak.
6 6) Dari pertanyaan ke-6 dapat diketahui bahwa 9 dari 10 orang tua siswa
tidak mengijinkan anaknya merokok, hanya 1 orangtua yg mengijinkan,dalam hal
ini dapat disimpulkan bahwa orangtua manapun tidak mendukung jika anaknya
mengikuti gaya hidup yang tidak sehat dengan cara merokok.
7 7) Dari pertanyaan ke-7 dapat diketahui bahwa 9 dari 10 siswa tidak
meminta uang untuk merokok kepada orang tua tetapi mereka mendapatkan rokok
dari teman,memakai uang saku dan lain-lain, 1 orang lainnya mengaku mendapatkan
rokok dari orangtua.
8 8) Dari pertanyaan ke-8 dapat diketahui bahwa 5 dari 10 siswa mendapat
uang saku kurang lebih 10rb dalam satu hari, 2 siswa mendapatkan 5rb dan yang
lainnya tidak menentu. Dalam hal ini uang saku yang diberikan orangtua dapat
disalahgunakan untuk hal-hal yang kurang baik seperti membeli rokok.
9 9) Dari pertanyaan ke-9 dapat diketahui bahwa 7 dari 10 siswa mulai
merokok karena pengaruh teman dalam pergaulannya, 2 siswa mengaku karena diri
sendiri dan 1lainnya mengaku karena pengaruh pacar. Dalam hal ini selain teman,
pacar dan diri sendiri dapat mempengaruhi pola pikir seseorang ke arah yang
kurang baik. Karena itu kita harus pandai-pandai dalam membawa diri, dan
memilih teman, jangan sampai terbawa ke dalam pergaulan yg tidak baik.
1 10) Dari pertanyaan ke-10 dapat diketahui bahwa 6 dari 10 siswa mengaku
mendapatkan rokok dari teman, 3 siswa mendapatkan dari uang sendiri dan 1
lainnya dari orangtua.
1 11) Dari pertanyaan ke 11 dapat
diketahui bahwa seluruh sampel(siswa) mengaku tidak merokok dilingkungan
sekolah,akan tetapi dirumah misalnya di kamar atau ditempat tertutup lainnya.
1 12) Dari pertanyaan ke-12 dapat diketahui bahwa seluruh sampel(siswa)mengaku
merokok pada waktu jam puang sekolah sehingga tidak pernah membawa rokok
dilingkungan sekolah.
1 13) Dari pertanyaan ke-13 dapat diketahui bahwa 4 dari 10 siswa merokok
dengan jangka waktu 3x sehari dan yang lainnya tidak menentu.
1 14) Dari pertanyaan ke-14 dapat diketahui bahwa 4 dari 10 siswa dalam
sehari dapat menghabiskan 5batang rokok dan yang lainnya tidak menentu berapa
yang dihabiskan, akan tetapi jika mereka sedang berkumpul bersama
teman-temannya dapat menghabiskan lebih dari 5 batang dalam satu waktu.
1 15) Dari pertanyaan ke-15 dapat diketahui bahwa 5 dari 10 siswa terus
menerus merokok karena pengaruh teman atau pergaulannya,4 siswa mengaku
kecanduan dan lainnya memiliki alasan lain.
2.5 Interprestasi Data
Secara umum, data terbagi menjadi dua yaitu data primer(yang diperoleh
langsung dari lapangan penelitian, seperti dari wawancara,angket dan observasi
dengan objek penelitian. Dan data
sekunder yaitu data yang didapat leteratur,kepustakaan,majalah,koran dan
lain-lain.
Setelah pengumpulan data melalui kegiatan wawancara yang mendalam dan
angket serta observasi,data yang diperoleh akan dievaluasi untuk memastikan
objektivitas(kesesuaian dengan keadaan sebenarnya) dan relevasi dengan masalah
yang akan diteliti. Temuan dalam penelitian tersebut kemudian direduksi(diedit),diinterprestasi
atau ditafsirkan,diorganisasikan. Bagian akhir dari analisis data adalah upaya
pemaparan dan penegasan kesimpulan.
2.6 Jadwal Kegiatan
no
|
Jenis kegiatan
|
waktu
|
1
|
Menyusun pertanyaan/angket
|
1hari
|
2
|
Proses angket/kuesioner
|
2hari
|
3
|
Penelusuran data sekunder
|
1hari
|
4
|
Editing data
|
1hari
|
5
|
Analisis data
|
1hari
|
6
|
Penyusunan laporan/penulisan dan konsultasi
|
15hari
|
Waktu diatas biasa disesuaikan dengan waktu
dilapangan.
No comments:
Post a Comment